Susahnya Order Selimut Jepang...
20 April 2009
Dear Mitra Selimut Jepang
Seperti yang sudah kami duga sebelumnyan, bulan April ini setelah Selimut Jepang di ekspose di TRANS TV (Baca Tulisan di LINK http://hadikuntoro.blogspot.com/2009/04/cerita-rajaselimut-di-trans-tv.html ) Pemintaan produk kami semakin tinggi.
Padahal sebelum di ekspose di televisi-pun, permintaan nya cenderung naik, sedangkan jumlah Selimut Jepang yang di produksi untuk kebutuhan pasar Indonesia angkanya masih di patok sekitar 10% kapasitas produksi. Yang sekitar 90% masih di dominasi untuk produksi yang dikirimkan ke Jepang dan Amerika.
Dan apabila anda pernah bekerja di Pabrik, anda akan mahfum bahwa tidaklah mudah begitu saja mengubah kapasitas produksi ,baik itu permintaan naik atau turun, karena karena membutuhkan waktu untuk bermacam-macam pengaturan dan kait mengkait seperti rantai, baik pengaturan pengadaan barang, setting mesin, proses prosuduksi, tataletak SDM dsb...
Akibatnya jumlah produksi yang dilakukan masih ada di kisaran angka yang sama dengan tahun 2008, sedangkan permintaan pasar dalam negeri saat ini 2-3 kali permintaan sebelum tahun 2008.
Ditambah ada kesempatan kami bisa muncul di Televisi Nasional, maka ini menjadi efek domino yang kait mengkait.
Dan saat ini dirasakan sekali bagi anda yang sudah 2-3 tahun bergabung dengan kami, betapa mudahnya order dan mendapatkan barang dari kami sebelum Desember 2008, dan Betapa Sulitnya mendapat barang setelah bulan April 2009 ini.
Dan bagi anda yang baru bergabung 1-2 bulan ini, saya yakin kondisi ini membuat anda merasa sangat tidak nyaman, bahkan mungkin merasa "Shock" kok ternyata begitu sulit mendapatkan produk Selimut Jepang Sekarang..?
Sehingga muncullah email-email komplain dan jumlah yang komplain cukup banyak terutama mereka yang pembeliannya tidak langsung datang ketempat kami (Order Dari Luar kota) , dan dibawah ini saya kutipkan beberapa email yang komplain ke kami.
Sengaja Nama dan email kami hilangkan, dan tujuan agar yang mengirimkan email tidak merasa jengah...dan kami mengucapkan terima kasih kepada anda, karena dari email-email seperti inilah justru kami terpacu untuk memperbaiki pelayanan kepada anda.
===========
Email-1
===========
Pak Hadi.....maaf , mungkin kesannya saya tidak sabaran, saya hanya ingin memastikan apakah tim raja selimut sudah mendapatkan email dan sms tentang barang pesanan saya? Sampai-sampai saya saya sudah dua kali email infohasuko@yahoo.com, tetapi tidak ada balasan.
Seperti saran bapak, setelah saya email saya juga SMS, tetapi tidak ada balasan juga.
Keesokannya, saya memutuskan telepon kantor Rajaselimut, kata seorang staff internet sedang error jadi tidak bisa membalas email, dan disarankan agar order via SMS dan akan segera dabalas sms saya mengenai berapa total yang hrs saya bayar.
setelah menunggu kurang lebih 4 jam, tidak ada balasan, saya memutuskan telepon lagi. Dan diterima oleh staff yang lain” Apakah sms saya sudah diterima? saya tadi SMS ke Rajaselimut"
Dijawab “mungkin sudah bu, tapi kayaknya SMSnya belum dibuka" gitu saja.
saya pikir mungkin tim raja selimut sedang sangat sibuk melayani agen-agen lainnya.
saya masih tetap menunggu.
Tapi sampai sekarang sampai jam setengah 4 pagi pun masih belum ada balasan apakah memang benar-benar sibuk? Saya hanya ingin tau berapa biaya yang harus saya bayar? Saya selalu membaca cerita-cerita bapak yang selalu memberikan inspirasi dan motivasi saya ingin mengikuti keberhasilan teman-teman lainnya pak Hadi...mohon bantuannya.....
IH-SUrabaya
===========
Email-2
===========
Pak Hadi, Saya agen baru, bergabung akhir pebruari. Sejak gabung saya udah memesan selimut 5 kali. Saya mempunyai kesulitan dalam memesan selimut.
Misalnya pesanan terakhir Saya memesan selimut lebih dari 30 dengan harga lebih dari 5 jt, tapi karna banyak stock kosong untuk selimut yang Saya pesan, akhirnya Saya menunggu.
Setelah menunggu sekitar seminggu saya telp lagi tapi jawabannya sama, akhirnya Saya memutuskan untuk minta dikirim selimut yang ada dulu, sisanya menyusul enggap apa-apa, dan saya minta konfirmasi barang-barang apa yang akan dikirim, karena saya mau transfer dulu.
Tapi Saya heran karena apa yang dikirim lebih sedikit dari yang dikonfirmasi malam sebelumnya.Waktu konfirmasi malam hari, selimut yang ada lumayan banyak, dengan harga lebih dari 2jt. Tapi waktu siang harinya Saya minta berapa jumlah total yang harus ditransfer kok jumlahnnya lebih sedikit, cuma 1jt. Akhirnya saya telp lagi untuk menanyakan selimut apa aja yang dikirim, ternyata lebih sedikit dari yang dikonfirmasikan malam sebelumnya.
Katanya selimut yang Saya pesan sudah habis, padahal waktu konfirmasi malam harinya ada. liat di stock information juga ada. Apakah karen pesanan saya termasuk sedikit dibandingkan dengan agen lain, sehingga agen yang lain lebih diutamakan? Saya mohon penjelasannya.
Terus bagaimana caranya memesan agar pesanan yang ada dipisahkan dulu sambil menunggu pesanan yang belum ada? Dari pengalaman beberapa kali pesan, biasanya Saya menunggu karena tanggung kalau yang dikirim cuma sedikit, tapi ketika barang yang ditunggu ada, justru barang yang sebelumnya ada menjadi tidak ada karna udah keduluan dibeli.
Apakah saya harus transfer dulu? Karena waktu minta konfirmasi berapa yang harus ditrasfer juga katanya nanti saja nunggu barangnya komplit, gimana solusinya Pak? Apakah saya boleh transfer untuk deposit, misalnya 5jt, jadi setiap ada stock baru yang kebetulan sudah saya pesan bisa dipisahkan? Atau bagaimana solusi menurut pak Hadi?
RM - Lampung
===========
Email-3
===========
Pak Hadi, saya termasuk resseler selimut jepang dari Bogor. Dan jualan saya belum banyak.saya berencana untuk jadi agen. Saya baca di www.rajaselimut.com stok selimut banyak yang kosong. Mohon infonya pak jika stok selimut sudah kembali normal. Saya Insya Allah ingin menjadi agen.
Terima kaish
DS-Bogor
===========
Email-4
===========
Pak Hadi, Maaf saya ingin mengutarakan kekecewaan saya terhadap tim Hasuko.
Sudah sebulan ini keinginan saya untuk kulakan Selimut Jepang Hasuko nggak kesampaian-kesampaian. Saya memang tidak order dengan datang langsung ke Bekasi. Karena saya pikir, wong bisa order via telpon, sms, email bisa kenapa mesti repot-repot kesana? Hari gini yangg simpel-simpel sajalah.
Untuk mendapetin harga agen, belanja 5 jutaan enggak masalah. Namanya udah niat. Tapi saat ini saya drop alias il feel. Karena merasa tidak dilayani dengan baik.
Emailnya lamaaaa sekali responnya. Bolak-balik proses kirim data stok. Sudah dibalas dengan list barang yang saya order berdasarkan yang data stok yg dikirim, eh di-email lagi dengan data stok baru lagi dan data baru, dimana stock yang tadinya ada menjadi kosong . Sekali duakali saya bisa memahami.
Tapi kalau sampai berlarut-larut? Padahal tiap email saya juga sms mengabarkan kalau saya baru saja kirim email. Telepon juga saya lakukan untuk menanyakan nasib order saya.
Silakan bapak cek email saya yang masuk ke infohasuko@yahoo.com jika ingin mengetahui communication record saya.
Wassalam
HT-Depok
==========
Jawaban
==========
Kepada para Mitra Selimut Jepang, kami merasa sedih karena saat ini belum bisa melayani anda semua dengan layak. Naiknya Permintaan, sebenernya sudah kami prediksi, namun angka permintaan Selimut Jepang hingga setinggi sekarang ini benar-benar diluar prediksi kami. Kami sudah ekstra menambah pasokan dari pabrik namun pasokan yang masuk itu belum bisa memenuhi untuk mereka yang datang langsung ketempat kami.
Sebagai gambaran, selimut model Barbie-5 misalnya, permintaan selimut ini selama 2 minggu saja, angkanya hampir sama dengan jumlah permintaan gabungan, bulan (Januari +Februari) sekaligus..! sedangkan prediksi kami sebelumnya pasar hanya akan tumbuh maksimal sekitar 20% dari bulan ke bulan.!
Namun kami tetap berupaya untuk nego ke Pabrik agar porsi selimut untuk Domestic Market, bisa di naikkan. Mohon doa restunya...
Kepada anda yang tidak memungkinkan untuk bisa datang dan mengambil langsung ditempat kami (hanya untuk agen) kami menyarakan agar anda melakukan "langkah darurat" seperti yang tertulis di LINK berikut ini ("Solusi Sementara Order untuk Luar Kota" ).
Salam Hangat
Hadi Kuntoro
http://rajaselimut.com
http://hadikuntoro.com