Apa Bukti Bahwa Selimut Ini Global Product..!
Pak Hadi.. salam jumpa...
Saya sudah belanja ke salah seorang Kandidat Distributor anda yang hebat dan ngobrol-ngobrol dengan beliau. Akhirnya, saya banyak selimut sebagai "senjata" bergerilya, (jualan). hehehe,..
Ya, selimutnya memang bagus-bagus, pak Hadi. Wonderful ! ponakan saya perempuan langsung jatuh cinta pada selimut Barbie the princess yang saya bawa pulang. tapi, buru-buru saya beri pengertian, kalau selimut ini adalah barang dagangan. hehehe,...
Pak,.. saya ada sedikit uneg-uneg nih. mohon tanggapan bapak, saya mencoba membuka situs-situs di Internet, untuk melihat selimut serupa yang seperti kita punya.
Kok sampai pussing......, saya tidak menemukan apa-apa disana. tak ada website luar satupun yang menampilkan tentang selimut kita ....?
Bagaimana ini pak? padahal pada katalog anda mencetak banyak situs-situs yang memakai produk ini...Apakah terjadi kesalahan cetak pada katalog ?
Yang saya pikirkan, bagaimana bila customer kita juga punya keinginan yang sama dengan saya yaitu ingin mengecheck langsung pada semua alamat web yang tercantum pada katalog kita. bila hasilnya nihil, bukankah akan membuka peluang bagi mereka untuk berpikir bahwa kita ini hanya bohong belaka ?
Apa bukti produk kita dibuat oleh International Maker, dari Jepang
Dimana saya bisa melihat bahwa produk ini dipakai di Jepang
Apa bukti produk kita dipakai di Walt Disney..?
Apa bukti produk kita dipakai di Nickeledeon..?
dll...dll...
Untuk menjelaskan kepada mereka, mohon berikan saja beberapa bukti-bukti kepada saya...bahwa kita memiliki something spesial yakni produk global/International..! (Beri kami bukti bukan janji....hehe di Astra dulu ada tagline seperti ini)
Kenapa saya to the point seperti ini..?
Saya sempat kerja jaga toko, saya gak kuat kerja disitu. mengapa?? karena,...syaratnya saya harus pandai bohong pada customer. barang bahan lokal harus dibilang barang import. yang harganya murah, harus bisa dijual dengan harga super mahal, entah dengan skenario apapun. untuk produk knowledge, kita diberi kebebasan untuk ngarang apa saja, asal customer jadi tertarik dan barang bisa laku mahal. kasarannya, "kalau kamu bisa mengarang cerita, oke, kamu boleh kerja di tempat kita." gitu lah,..kira-kira.
Ngarang apa saja ?ya.. apa saja.
Almost anything. Saat saya meyakinkan customer kalau bahan produk kami adalah barang import dari italy, awet dan berkelas misalnya, (padahal saya ngawur dan ini barang lokalan ajah), saya malah diacungi jempol oleh bos saya...(.. walah !!!!!)
Contoh : Barang X yang diluar/di toko lain hanya dijual 250rb, di tempat kami dibandrol 800rb. padahal barangnya sama persis. cuma, kita harus meyakinkan calon pembeli bahwa barang kita beda and lebih asli. yang lain itu palsu. ealah,.. lha wong toko saingan kita itu loh juga ambil/kulakan barangnya dari orang yang sama. dan saya kenal dengan suplier meja itu, heheheh,.. )
Alhamdulillah, saya sudah resign dari perusahaan mebel itu. Dan rasanya,.. legaaaaaaaaaaa,... banget. Masih banyak jalan untuk rejeki yang lebih hahal, ya kan pak..?
Cuma, saya bingung saat coba buka website yang di sarankan tetapi tidak menemukan selimut seperti kita punya. kalau gak nanya ke pak Hadi,.. saya mau nanya ke siapa? hehehe,...
Mohon Balasan dari Bapak dan mohon maaf
Someone in West Java..
JAWAB :
Hallo Mbak...
Mendapat serangan kata-kata dari anda saya jadi grogi nih...
Dan saya jadi seneng sekali, karena baru kali ini ada email yang bener-bener frontal, to the point, kalau yang lain kadang tidak pernah menanyakan hal seperti ini, alias inggih-inggih saja, alias percaya saja, apa kata elu deh gue ngikut, eh atau memang udah pada faham ya..?
Ketika saya...sekolah dulu, sering kali sang guru tanya
"Sudah faham..?" Murid-murid diem...ada yang manggut-manggut
"Siapa yang faham..? Tunjuk jari.!" diem juga
"Siapa yang enggak faham" diem juga....
Jadi pertanyaan anda diatas membuktikan bahwa anda mahasiswa Kampus Selimut Jepang yang PINTER..! Bisa jadi pertanyaan anda ini ada di benak mahasiswa-mahasiswa yang lain juga, namun ragu, malu, rikuh, pekewuh...mau nanya entar dikira bodoh..hehehe...
Saya seneng sekali dengan anda yang kreatif dan tidak langsung percaya begitu saja...
Mbak, perlu di ketahui bahwa kadang ada website yang sering banget di update, sehingga tampilan saat ini mungkin beda dengan tampilan beberapa bulan yang lalu..dan kalau anda sedikit meluangkan waktu membaca-baca postingan saya yang jadul-jadul pasti pertanyaan spt ini yang akan langsung terjawab...
Tapi baiklah...postingan ini ibarat sinyal bahwa kami harus semakin dalam menggali dan meng-up to date product knowledge, dan mentransfer kepada anda-anda yang tergabung dalam "member" di PETUALANGAN BISNIS yang amat menarik ini...
Mulai saat ini saya akan membuka kolom namanya kolom PRODUCT KNOWLEDGE, dan isinya berupa seputar informasi detail baik dari sisi fisik produk kami sendiri ataupun informasi-informasi pendukung lainnya....dan yang jelas anda fakta-fakta yang nyata dan bisa realtime termonitor.
Link-nya adalah :
http://selimutku.blogspot.com/2008/05/apakah-anda-sudah-tahu.html
Dan judul kolom product knowledge ini adalah "Apakaha anda sudah Faham..?" dan ini adalah pertanyaan yang sangat sering diajukan oleh seorang guru di Jepang kepada muridnya, dalam bahasa Jepang mereka sering bertanya "Wakarimashitaka..?"
Terima Kasih kepada anda yang mengajukan pertanyaan ini, dan jawaban singkat saya adalah, One By One bukti itu akan saya gali dan akan kami sampaikan dengan rapi kepada anda mulai saat ini, agar anda makin mudah explain ke customer anda, dan ini adalah satu lagi langkah maju bagi kita...
Salam Hangat dan Selamat Berpetualang..!
Hadi Kuntoro
2 komentar:
assalamualaikum. kalo toko yang dijalan oscar jam buka tutupnya sari jam berapa sampe jam berapa?
Buka dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam Pak...
Salam hangat..
Post a Comment